Pengertian Eksistensi dan Dial Plan pada Server VOIP dan Softswitch
Pengertian Eksistensi dan Dial Plan pada Server VOIP dan Softswitch
- Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
- Priority biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
- Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk. Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter. Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.
B.
Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan
pada Server VoIP.
Dial antar ekstensi
pada IP-PBX [voipkn] -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku
bagi context „voipkn‟ exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101
dengan protokol SIP, time out 20 detik exten =>101,2,Hangup -->>
setelah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20) exten
=>102,2,Hangup
http://pecandukreativitas.blogspot.co.id/2015/05/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
C.
Konfigurasi ekstensi pada
server Softswitch
1.
Konfigurasi Data Account Umum[general] -->>
context umum,harus adacontext=default -->> nama context user port=5060 -->>
default port untuk SIP binaddr=0.0.0.0 -->> listen semua
ip_addr yg requestsrvlookup=yestos=0x18videosupport=yes
2.
Konfigurasi
Data Account User /
Extensions;softphone -->> nama atau nomor account[101]
(user/extension)type=friend -->> tipe accountusername=101
-->> login accountsecret=101
-->> password accounthost=dynamic -->>
host yang menjadi IP PBX,dpt
berubahnat=no -->> tanpa NATdtmfmode=rfc2833 -->> RTP
Payload for DTMF Digits, Telephony Tones andTelephony
Signalsallow=all -->>
mode codec, bisa semua jenis codec callerid=”sip00” -->> id
clientcontext=voipkn -->> context
jaringan usercanreinvite=no -->> mekanisme canreinvitemailbox=101@voipkn -->> username@context
D.
Konfigurasi dial plan
server Softswitch
Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit
file extensions.conf dengan mengetik
nano /etc/asterisk/extensions.conf.
Pastikan
bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di
bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.
;Dial
antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn]
-->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context „voipkn‟ exten
=>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol SIP,
time out 20 detik
exten
=>101,2,Hangup -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten
=>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten
=>102,2,Hangup
Komentar
Posting Komentar